Sabtu, 14 Juni 2014

LUCIFER : THE SON OF DAWN

LUCIFER : THE SON OF DAWN








Untuk menemukan asal-usul Lucifer, saya mengambil dari Kitab Perjanjian Lama. Dalam bahasa Ibrani, nama Lucifer diterjemahkan dari kata Ibrani "Helel," yang berarti kecerahan. Pemberian julukan "bintang pagi" atau "bintang subuh" atau "bintang yang terang" yang disajikan dalam Kitab Isaiah sangat cocok dan sesuai dengan arti dari nama Lucifer sendiri.


 "How you are fallen from heaven, O Day Star, son of Dawn! How you are cut down to the ground, you who laid the nations low! You said in your heart, ‘I will ascend to heaven; I will raise my throne above the stars of God; I will sit on the mount of assembly on the heights of Zaphon; I will ascend to the tops of the clouds, I will make myself like the Most High’" (Isaiah 14:12-14).
 "Bagaimana Anda jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putra Fajar! Bagaimana Anda dicampakkan ke dasar terbawah, wahai Sang Pemimpin dunia bawah! Anda berkata dalam hati: Aku hendak naik ke langit, Aku akan mendirikan takhtaku di atas bintang-bintang Tuhan, dan aku akan duduk di puncak tertinggi dari pegunungan Zaphon, Aku akan naik ke puncak awan, Aku akan membuat diriku seperti Yang Mahatinggi '"(Isaiah 14:12-14).


Ayat di atas adalah percakapan antara Raja Babylonia yang sangat berkuasa, memiliki harga diri yang tinggi, kekayaan dan kemegahan. Tidak ada satupun raja dari bangsa manusia yang berani mengklaim bahwa dirinya lebih tinggi derajatnya dibandingkan Tuhan atau seperti Tuhan. Itu dikarenakan pengaruh dan bantuan dari Sang Putra Fajar, Lucifer.
Lucifer adalah nama lain dari Satan, yang menguasai dunia setan dan dunia nyata. Meskipun tak terlihat, kekuatan dan kesuksesan di balik raja-raja dari Bangsa Tirus, Babylonia, Persia, Yunani, Roma, dan semua raja dari Bangsa yang lain tak lain tak bukan adalah berkat bantuan dari Lucifer atau Satan. Cerita Lucifer telah mencakup hampir seluruh sejarah umat manusia dan juga membuktikan bahwa Lucifer tidak main-main dengan janjinya yang akan terus mengganggu dan meyesatkan umat manusia.
Saya juga melihat cerita yang sama dalam Kitab Ezekiel:

"Moreover the word of the LORD came to me: Mortal, raise a lamentation over the king of Tyre, and say to him, Thus says the Lord GOD: You were the signet of perfection, full of wisdom and perfect in beauty. You were in Eden, the garden of God; every precious stone was your covering, carnelian, chrysolite, and moonstone, beryl, onyx, and jasper, sapphire, turquoise, and emerald; and worked in gold were your settings and your engravings. On the day that you were created they were prepared. With an anointed cherub as guardian I placed you; you were on the holy mountain of God; you walked among the stones of fire. You were blameless in your ways from the day that you were created, until iniquity was found in you. In the abundance of your trade you were filled with violence, and you sinned; so I cast you as a profane thing from the mountain of God, and the guardian cherub drove you out from among the stones of fire. Your heart was proud because of your beauty; you corrupted your wisdom for the sake of your splendor. I cast you to the ground; I exposed you before kings, to feast their eyes on you. By the multitude of your iniquities, in the unrighteousness of your trade, you profaned your sanctuaries. So I brought out fire from within you; it consumed you, and I turned you to ashes on the earth in the sight of all who saw you. All who know you among the peoples are appalled at you; you have come to a dreadful end and shall be no more forever" (Ezekiel 28:11-19).
 "Selain itu firman Tuhan datang kepadaku: Manusia, angkat kepalamu dan lihatlah raja Tyre, dan katakan kepadanya: Beginilah firman Tuhan: Kamu adalah lambang kesempurnaan, penuh
. kebijaksanaan dan sempurna dalam keindahan. Dulu di Surga, yaitu taman Tuhan penuh segala batu permata yang berharga disekeliling Anda, akik, cempaka, moonstone, beryl, onyx, jasper dan, safir, pirus, dan zamrud, dan semua peralatan dan patungmu terbuat dari emas. Pada hari kamu diciptakan mereka sudah siap. 
Aku mengutus Malaikat untuk menjagamu, di Gunung tempatku kuletakkan dirimu, dan kau bisa berjalan di atas batu yang menyala. Kau sama sekali tidak disalahkan dihari kau diciptakan pertama kali, sampai akhirnya kesalahan yang kau lakukan Kuketahui. Dalam berdagang kau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat banyak dosa, maka Aku membuangmu dari gunung tempatKu, dan malaikat penjagamu tidak lagi menajagamu dari batu-batu yang menyala. Kau terlalu bangga akan kecantikanmu, kau tinggalkan kebijaksanaanmu demi kemuliaanmu. Aku membuangmu ke bumi, Aku telanjangi dirimu di depan para raja, agar mereka melihat sendiri akibatnya. Dengan banyaknya kesalahan dan kecurangan yang telah kau lakukan, kau telah mengotori tempat sucimu sendiri. Jadi aku keluarkan api dari dalam dirimu, dan memakan dirimu sendiri, dan akhirnya kau menjadi abu di bumi di depan mata semua orang yang melihat engkau. Semua orang yang mengenal dirimu tercengang, kau telah menjadi tidak berarti dan tidak akan ada lagi selamanya. "(Ezekiel 28:11-19).






Ayat ini kelihatannya ditujukan untuk Raja Tyre. Kenyataannya, ditujukan kepada orang yang membuat Sang Raja menjadi jahat. Ayat ini juga meramalkan tentang Lucifer/Satan karena akhir dari Sang Putra Fajar sudah dijelaskan di ayat ini, ini belum terjadi sekarang dan akan terjadi ketika hari Penghakiman (Revelation 20:7-10). Di kedua ayat dari kitab Isaiah dan Ezekiel, tidak dijelaskan secara gamblang tentang lucifer, tapi hanya tentang apa yang dilakukannya untuk mewujudkan recananya menjadi Tuhan dengan menyesatkan Raja-raja dan penguasa di bumi yang mengorbankan diri mereka demi kehormatan dan kekuasaan.

 "For our struggle is not against enemies of blood and flesh, but against the rulers, against the authorities, against the cosmic powers of this present darkness, against the spiritual forces of evil in the heavenly places." (Ephesians 6:12).
 "Perjuangan kita bukanlah melawan musuh yang mempunyai darah dan daging, tapi melawan pemerinth-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan kekuatan kosmik di dunia yang gelap ini, melawan setan-setan yang ada di surga." (Ephesians 6:12)

Perhatikan pernyataan yang dituliskan di Kitab Ezekiel, "anointed cherub". Anointed artinya adalah diberkati dan cherub adalah malaikat yang langsung berhubungan dengan Tuhan.

Pernyataan ini tidak berlaku untuk seorang raja manusia, tetapi berlaku untuk Lucifer / Satan yang berada di belakang raja manusia. Seperti yang kita ketahui Lucifer dulunya adalah malaikat yang sangat dekat dengan Tuhan. Malaikat ini adalah makhluk yang paling suci dan paling tinggi yang pernah diciptakan oleh Tuhan. Tuhan berkata kepadanya, "Kau merupakan lambang kesempurnaan, penuh kebijaksanaan, dan sempurna rupanya". Lucifer adalah makhluk paling bijaksana yang pernah Tuhan ciptakan. Tidak ada malaikat lain, tidak ada makhluk lain yang diciptakan dengan kecerdasan yang Tuhan berikan kepada makhluk ini. Tuhan berkata bahwa malaikat ciptaannya ini adalah "yang paling sempurna." Terlepas dari Holy Trinity; Bapa, Anak dan Roh Kudus, makhluk ini adalah yang paling tinggi derajatnya.


Di dalam kitab Ezekiel 28:14 dituliskan, "You were the anointed cherub (Kau adalah malaikat yang diberkati)". Ini menjelaskan bahwa kita tidak membahas tentang seorang raja manusia. Kata cherub sama dengan cherubim yang artinya Malaikat yang agungCherubim adalah simbol dari keagungan dan kerajaannya yang Agung. Para Cherubim ini mempunyai posisi dan tugas yang unik. "The anointed cherub who covers" adalah gambaran yang terjadi setelah Adam dan Eve diusir dan Tuhan menempatkan cherubim untuk menjaga "Tree of life". Juga ketika Moses membuat "mercy seat" dan menempatkannya di "thabernacle's Holy of Holies", mukjizat Tuhan datang dan menetap diantara para cherubim. Mereka Melindungi "mercy seat" dengan sayap mereka. Jadi sekarang kita tahu bahwa Satan dulunya adalah cherubim dan posisinya adalah menjaga singgasana Tuhan. Posisinya adalah untuk menjaga dan melindungi kesucian dari Tuhan. Satan mempunyai posisi dan hirarki yang paling tinggi, yang membuatnya memandang rendah semua makhluk yang dibawahnya. Jadi kita sudah mendapatkan gambaran tentang makhluk yang paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Tuhan dan mempunyai posisi dan hirarki yang paling tinggi diantaram makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Tapi dengan semua yang ia miliki, ia juga memiliki kehendak. Suatu hari, Tuhan berkata kepada makhluk ciptaannya itu, "Aku telah menemukan kejahatan di dalam dirimu". 

 "The anointed cherub who covers"

Apa jenis kejahatan yang ada dalam dirinya ? Di dalam Kitab Ezekiel, di awal sudah dijelaskan bahwa Tuhan mengingatkan kita untuk waspada, dan juga dijelaskan tentang asal muasal terciptanya Satan. Kita lihat kembali Isaiah 14:12, yang menceritakan tentang pilihan Lucifer/Satan.
"Aku hendak naik ke langit, Aku akan mendirikan takhtaku di atas bintang-bintang Tuhan, dan aku akan duduk di puncak tertinggi dari pegunungan Zaphon, Aku akan naik ke puncak awan, Aku akan membuat diriku seperti Yang Mahatinggi".
Kata "Aku akan" beberapa kali diucapkan Lucifer. Ini jelas menggambarkan maksud dan tujuannya. Aku akan mendirikan takhtaku di atas bintang-bintang Tuhan, kata bintang di sini bukan menggambarkan bintang di langit, melainkan Malaikat. Dengan kata lain, Lucifer berkata "Aku akan merebut surga, dan aku akan menjadi Tuhan". Itulah dosa Lucifer dan kejahatan yang ada dalam dirinya. Dia tidak ingin menjadi pelayan Tuhan. Dia tidak ingin melakukan tugas yang diberikan kepadanya. Dia ingin disembah dan dilayani. Dan dia berhasil, jutaan orang sudah menyembahnya. Mereka mendengarkan semua ucapannya dan memilih untuk mengikutinya. Eve bahkan percaya perkataan Lucifer bahwa dia harusnya menjadi Tuhan. Alasan Lucifer menggodanya karena itulah hal yang paling diinginkannya, yaitu menjadi Tuhan.

Regards

Shinje
LVX in NOX