Senin, 21 Juli 2014

SUKSES DENGAN KHARISMA

Tahukah Anda, Anda bisa sukses 3 kali lipat hanya dengan menjadi karismatik? Kami tampilkan beberapa trik untuk mentransformasikan kepribadian Anda menjadi semakin menarik.

Mata = lihat sisi positif. Untuk menarik perhatian orang-orang di sekeliling Anda, tidak perlu melakukan kegaduhan. Lakukan kontak visual dengan mata Anda selama 2-3 detik. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain tanpa membuatnya  terintimidasi. Jika Anda memakai kacamata, cobalah untuk tidak memain-mainkannya atau meletakkannya di atas rambut Anda. Karena dengan begitu, Anda akan mengalihkan perhatian orang lain. Lakukan ketika Anda melakukan presentasi di kantor, atau di depan grup kecil.

Mulut = Apa yang tidak Anda katakan. Jadilah seorang maestro pembicara di hadapan orang lain dengan menggunakan pause. Ketika Anda ditanya sesuatu, tunggu dua detik sebelum menjawab –dengan demikian Anda akan mendapatkan perhatian orang lain di sekitar Anda. Apa pun yang Anda katakan akan sampai dengan lebih mantap ke sel-sel otak mereka. Dan, sementara Anda menjelaskan atau menjawab pertanyaan, jaga agar wajah Anda dalam keadaan relaks. Dan, tentunya, jangan sampai mulut Anda ternganga. Apalagi, jangan mengunyah permen karet. Lakukan ketika Anda menegosiasikan suatu kontrak –termasuk kontrak pekerjaan baru Anda.

Lengan = Buka lengan dengan lebar.
Lakukan gerakan dengan membuka lengan Anda untuk memberi aksen pada kata-kata kunci Anda. Gerakkan juga bahu Anda untuk memberi efek lebih besar. Satu penelitian yang dilakukan oleh para psikolog di Inggris pada tahun 70-an menyimpulkan bahwa komunikasi yang Anda sampaikan juga bergantung pada gerakan tubuh yang Anda lakukan. Menggerakkan seluruh lengan dapat memberikan kesan bahwa Anda yakin dengan apa yang Anda katakan. Lakukan ketika Anda melakukan presentasi atau ingin memenangkan suatu diskusi dengan teman-teman saat hang out.

Wajah = Baca yang tersirat. Ketika Anda ingin dekat dengan seorang wanita, Anda mesti membuatnya merasa bahwa Anda berdua nyambung. Si Dia akan merasakannya jika Anda bisa mengerti sisi emosionalnya. Mengangguk, tersenyum, atau mengernyitkan alis secara sinkron dapat mengundang simpati si Dia, sehingga dia akan memercayai Anda. Untuk mendapat efek nyata, perhatikan perubahan yang terjadi pada ekspresi wajahnya dalam setiap tema pembicaraan, lalu lakukan ekspresi yang sama ketika tema tersebut muncul lagi. Lakukan ketika Anda bicara dengan seorang wanita di café, atau bar.

Hati = Pakai perasaan. Peneliti dari Oregon State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa karisma dan kecerdasan emosional saling berkaitan. Orang-orang karismatik di dunia mengatakan bahwa mereka “merasakannya sebelum memikirkannya.” Itu membuat mereka tampil lebih manusiawi dan akrab. Anda perlu memperkaya kosakata dengan kata-kata seperti “Saya percaya bahwa..”, atau “Saya bisa merasakannya kalau..” Setelah itu, perhatikan bagaimana segalanya menjadi lebih baik bagi Anda. Lakukan ketika Anda bertemu dengan orang tua si Dia.

Kaki = Daya tarik fisik. Gunakan postur atletis untuk menambah karisma Anda. Olahraga kompetitif merupakan satu hal yang bisa mengundang kekaguman orang lain. Menurut para ahli di Chartered Institute of Personnel and Management di Amerika Serikat, kita cenderung mengaitkan bentuk tubuh dan kekuatan fisik dengan kesuksesan dan kemampuan mental. Sebisa mungkin, cobalah sebutkan prestasi olahraga Anda –walaupun sekadar sebagai juara ketiga lomba lari antar RT. Lakukan ketika Anda bertemu dengan orang tua si Dia.